PT. Djarum Perusahaan Paling Dikagumi

PT Djarum dinobatkan menjadi perusahaan paling dikagumi (Most Admired Company) di industri rokok dalam Indonesia's Most Admired Companies (IMAC) 2009. IMAC merupakan momen tahunan yang diselenggarakan majalah BusinessWeek bekerja sama dengan lembaga Frontier

Dalam survei tersebut, dilibatkan sebagai reponden adalah kelompok manajemen perusahaan, investor, jurnalis, dan publik. Kriteria responden manajemen ialah mereka yang menjabat minimal sebagai manajer di perusahaan barang/jasa dan berusia 26-70 tahun. Responden investor adalah mereka yang pernah bertransaksi saham dan/atau saat ini menanamkan modal dalam bentuk saham, obligasi, atau reksa dana pada perusahaan tertentu. Usia responden investor berkisar antara 25-60 tahun.

Pemberian award IMAC 2009, Renitasari Corporate Communication manager mewakili PT Djarum, bersama Handy Irawan dari Frontier

Sedangkan para jurnalis yang dihubungi penyurvei adalah mereka yag kesehariannya bertindak sebagai wartawan ekonomi (tidak termasuk wartawan hiburan) serta berusia 25-60 tahun. Kemudian responden publik adalah mereka yang berpenghasilan minimal RP 5 juta per bulan dan berusia 25-60 tahun. Survei dilakukan dengan cara tatap muka menggunakan metode purposive sampling, kecuali untuk publik memakai metode multistage random sampling.

Survei dilakukan sejak April hingga Mei 2009 terhadap 1860 responden di Jakarta dan Surabaya tersebut memiliki empat dimensi penilaian: Kualitas, Kinerja, Tanggung Jawab, dan Daya Tarik Perusahaan. Yang dimaksud dengan dimensi kualitas adalah perhatian perusahaan terhadap konsumen, kualitas, produk/jasa, kepercayaan, dan inovasi. Lalu, dimensi kinerja ada komponen, yakni tata kelola perusahaan dengan baik dan peluang untuk tumbuh dan berkembang.

Selanjutnya, dimensi tanggung jawab terdiri atas kepedulian terhadap kelestarian lingkungan dan tanggung jawab sosial. Dimensi Daya Tarik dilihat dari dua faktor: seberapa jauh perusahaan dapat menjadi tempat kerja idaman dan sejauh mana perusahaan memiliki karyawan yang berkualitas.

Di kategori sigaret, PT Djarum menempati posisi I dengan Corporate Image Index (CII) diatas PT Gudang Garam TBK dan PT Philip Moris Indonesia. CII di tahun 2009 ini merupakan lompatan bagi PT Djarum setelah di dua tahun sebelumnya secara berturut-turut ada di posisi 3.

0 komentar: