Blogwalking itu Menyehatkan

Ternyata enak juga jalan-jalan dari satu blog ke blog yang lainnya. Kalau jalan fisik menyehatkan tubuh, maka blogwalking ini menyehatkan pikiran; kalau blog yang dibaca, artikelnya mencerahkan. Biasanya saya mulai dengan jalan-jalan ke blog yang ada di link blog saya. Salah satu yang rutin saya kunjungi adalah blognya mas Gunawan Muhammad di http://caping.wordpress.com/, yang sangat inspiratif dengan Catatan Pinggirnya.

Berikutnya adalah blog dari teman saya, yang baru-baru ini menjadi pemenang The Next Leader di http://smartgeneration.wordpress.com/, dalam acara The Candidate di Metro TV. Kebetulan saya dulu adalah team yang melakukan audisi untuk menyeleksi 15 peserta yang kemudian disaring kembali untuk menghasilkan 1 pemenang. Karena posisinya sebagai aktivis mahasiswa, maka isinya tidak jauh dari pergerakan mahasiswa.

Blog yang saya jalan-jalani berikutnya adalah blog yayasan yang saya dirikan, www.ilmuberguna.org, yang masih belum sempurna, karena memang baru saja dibuat. Yayasan ini didirikan barengan dengan alumni SMA Negeri 1 Bogor, utamanya mantan pengurus Dewan Kerja Musholla Ar-Rahmah.

Blog yang menarik perhatian saya juga adalah blog temen SMP dan SMA saya di http://myrosesdiaries.net/, karena menceritakan kejadian-kejadian antara dia dengan puterinya. Savira nama ibunya, Kay nama anaknya. Ceritanya simpel but touchy.

Blog atau tepatnya website http://www.ideafinder.com/ juga sering saya lihat, karena sedang menyusun buku tentang sejarah penemuan berbagai produk yang mendunia. Disini banyak cerita dibalik produk seperti P&G, Barbie, Pampers, dan produk lainnya. Menarik sekali.

Nah, karena saya sedang ikutan black blog competition, maka http://www.blackinnovationawards.com dan http://autoblackthrough.com/ tentu saja sering saya kunjung. Cari-cari informasi. Ternyata, memang produk yang sudah sampai posisi tertentu itu menjualnya bukan lagi produknya, tapi sudah gaya hidup seputar produk itu. Makanya, orang membeli produk bukan sekedar memberi produk saja, akan tetapi sudah membeli pengalaman selama menikmati produk tersebut.

Kalau http://tonosaur.blogdetik.com/ adalah kawan baru saya di d’blogger, yang rajin jalan-jalan juga sepertinya. Komentarnya bikin saya semangat untuk terus menulis.

Begitu pula dengan www.blogor.org, komunitas blogger orang Bogor. Komunitas yang membuat saya makin rajin nge-blog karena bisa berbagi dengan demikian banyak orang.

Ini juga, http://ictwatch.com/internetsehat/, blog yang membuat saya mengenal istilah blogwalking. Blog ini seperti menteri kesehatan-nya dunia maya, karena banyak hal yang bisa dipelajari dengan jalan-jalan kesini.

Blog-blog lain yang sering saya kunjungi adalah blog pilihan dan blog terbaru di www.blogdetik.com, serta blog yang berkomentar di tulisan saya, sambil melakukan kunjungan balasan.

Banyak manfaat yang bisa dilakukan dengan blogwalking. Selain wawasan bertambah, bisa juga belajar tentang desain blog atau apa pun yang belum dimiliki oleh blog sendiri. Semacam studi banding lah.

Hayo.. sering-sering blogwalking, karena itu (mudah-mudahan) senilai dengan silaturahmi dan bisa menyehatkan pikiran.

0 komentar: