Djarum Black Butuh Icon Atau Bintang Iklan Yang Lebih Memasyarakat

Bintang Iklan TV produk komersial atau non komersial apapun sekarang udah bisa lebih terbuka dan memasyarakat. Udah gak zamannya lagi pilih kasih pake model atau artis dan orang ngetop melulu. Buktinya, iklan sebuah suplemen multivitamin memakai Mbah 'M' yang notabene hanya seorang kuncen dan sesepuh sebuah kampung deket gunung. Iklan obat sakit kepala pun juga mengorbitkan salah seorang petugas pemadam kebakaran yang kurang dikenal masyarakat. Ada juga iklan provider pulsa yang pake Penulis, juga ada iklan shampoo yang memakai sutradara dan produser sebagai bintang iklannya. Padahal mereka lebih sering bekerja di balik layar yang namanya kurang familiar di telinga masyarakat awam.

Juga, banyak sekali Partai Politik yang menyewa artis dangdut dan acara dangdutannya sendiri sebagai media berkampanye-nya.

Ngeliat iklan Djarum Black yang selalu memakai model berwajah kebarat-baratan atau menggunakan super model cewek seksi sebagai Presenter Black In News membuat gue berpikir kalo Djarum Black kurang merangkul semua kalangan.

Andai Djarum Black pake seorang atau sesosok icon, ambassador, avatar, atau sekadar bintang iklan dan mau dengerin ide gue di bawah, gue yakin Djarum Black bisa lebih memasyarakat dan merangkul semua golongan dan lapisan masyarakat dari kelas bawah, menengah hingga kelas atas, termasuk kelas samping kiri-kanan, depan dan belakang.

1. Kalangan Masyarakat Kelas Bawah
Kaum Masyarakat bawah yang berpenghasilan rendah dengan status ekonomi yang kurang memadai untuk biaya hidupnya, atau kalangan kaum minoritas yang sepertinya terkucilkan dari masyarakat luas perlu kita rangkul. Untuk itu, sosok yang dapat mewakili kalangan masyarakat kelas bawah ini adalah seorang Pengamen! Dengan menjadikan Musisi Jalanan sebagai bintang iklan (misalnya), Djarum Black bisa menarik massa dari kaum masyarakat kelas bawah. Karena sosok Pengamen selalu ada dimana-mana, yang merupakan bagian dari kaum terpinggirkan yang perlu diperhatikan. Sepanjang riset dan observasi langsung yang gue tau, faktor utama banyaknya anak jalanan dan para pengamen adalah faktor pendidikan rendah, pengangguran, kurangnya perhatian dari berbagai elemen masyarakat dan pemerintah serta keadaan ekonomi yang memprihatinkan.
2. Kalangan Masyarakat Kelas Menengah
Kalangan Masyarakat kelas menengah yang memiliki penghasilan pas-pasan, enggak kekurangan tapi juga gak berlebihan alias berkecukupan, memerlukan seorang tokoh yang dapat mewakili masyarakat kelas menengah. Salah satu profesi yang dapat mewakilinya adalah Buruh atau Karyawan Pabrik yang memiliki penghasilan tetap. Ya, Djarum Black perlu icon berasal dari kalangan masyarakat kelas menengah seperti karyawan pabrik ini.
3. Kalangan Masyarakat Kelas Atas.
Yang disebut dengan masyarakat kelas atas adalah yang memiliki penghasilan besar, lebih dari cukup. Cukup untuk membeli rumah, cukup buat beli mobil dan cukup buat beli apapun yang mereka mau. Hal itu adalah wajar karena merupakan haknya masing-masing. Faktor utamanya bisa karena Berpendidikan atau berjabatan tinggi. Sosok yang bisa masuk ke dalam masyarakat kelas atas adalah Penulis. Semua orang bisa menulis dan menjadi Penulis selama ia memang bisa membaca dan menulis huruf-huruf dalam artian enggak buta aksara. Profesi Penulis yang bisa merangkul banyak kelas (tergantung dari tulisan dan segmentasinya) khususnya kelas menengah ke atas lewat media baca (buku, media cetak dan internet) adalah tokoh yang dapat dijadikan Duta Djarum Black yang paling tepat!!
4. Kalangan Masyarakat Campuran
Kalo banyak orang yang bilang bahwa semua orang suka musik, hal itu dapat dibuktikan kebenarannya dengan batas minimal 90 %, karena musik dan alat musik ada di semua tempat di seluruh dunia. Di mana-mana ada nada-nada. Musisi adalah tokoh yang bisa masuk ke dalam semua kalangan. Dan yang dibutuhkan sebagai Ambassador Djarum Black dari Kalangan Masyarakat Campuran ini adalah anak band! Berbeda dengan Pengamen, anak Band bisa dikategorikan musisi yang lebih professional. Karena agak janggal kalo kita mendengar ada Pengamen yang professional. Satu-satunya Pengamen yang professional ya Anak Band. Dialah tokoh Ambassador Djarum Black yang tepat untuk bisa menarik semua kalangan dan lapisan masyarakat.
5. Kalangan Masyarakat Modern
Yang disebut masyrakat modern adalah yang mengikuti perkembangan zaman. Gak peduli dari kalangan mana, profesi apa atau status sosial seperti apa, orang modern adalah yang gak gaptek. Mungkin kalangan masyarakat kelas bawah masih bisa dimaklumi jika yang mengikuti perkembangan teknologi hanya sebagian kecilnya. Hari gini, yang gak tau apa itu internet, bisa disebut sebagai orang yang ketinggalan zaman. Yang gak tahu apa itu Blog belum bisa disebut masyarakat modern. Dan icon yang dibutuhin Djarum Black dari kalangan masyarakat modern adalah… tentu saja Bloger!! Maximal, icon Bloger ini adalah yang ikut berbagai kegiatan Djarum Black, seenggaknya salah satu peserta Djarum Black Blog Competition.

Nah, jika semua yang dipaparkan di atas digabungkan dan menjadi satu di setiap masing-masing kelas untuk dijdikan icon ataupun sekadar bintang iklan, sepertinya agak ribet dan boros ya?

Tapi bagaimana kalau semua sosok yang dibutuhkan itu ada pada satu tubuh? Bagaimana jika tokoh multi talenta yang memiliki lebih dari satu profesi yang dicari itu ada pada diri seseorang? Kalo emang beneran ada, maka Djarum Black gak perlu mikir-mikir lagi untuk mengangkat orang itu sebagai Icon, duta besar atau ambassador, icon, minimal bintang iklan Djarum Black.

Tapi… apa sosok yang dicari beneran ada?
Seorang Penulis yang bekerja sebagai karyawan pabrik, memiliki sampingan sebagai Pengamen yang juga Anak Band plus menjadi bloger yang sering on-line di setiap waktu senggangnya?

Apa memang ada orang seperti itu? Di satu waktu dia menulis novel dan mengetik keyboard-keyboard komputer lalu On-line sebagai Bloger, kemudian memetik gitar di jalan sebagai usaha sampingan dan mencari inspirasi, lalu di waktu lain ia memainkan jari jemarinya di atas tuts keyboard piano yang juga cukup gape memainkan stik dan menggebuk Drum di atas panggung?

Percaya enggak percaya, bukan sulap bukan sihir, orang Indonesia asli, sesosok anak muda yang dicari itu ada di dunia nyata dan juga dunia maya. Orang itu adalah yang menulis artikel ini. Yupz, GUE!!!

Gak perlu ragu lagi, minimal Iklan TV Djarum Black berikutnya perlu memakai gue sebagai bintang iklannya!!

0 komentar: