Mencari Bahasa Jawanya DJARUM BLACK ???

aku punya segelintir cerita memalukan tentang bahasa jawa.
Ceritanya sewaktu aku berlibur ke kampung nyokap di jogja.
Tepatnya di daerah bantul, desa babakan.
Penduduk daerahnya 99% menggunakan bahasa jawa sebagai bahasa resmi mereka.
Waktu ntu, gw disuruh jaga warungnya bude.
Karena bude mau belanja ke kota.
Awalnya aku nerima aja.
Karena daftar harganya sudah lengkap, trus hitung-hitung nambah amal.
Lagian bude perginya cuman sebentar.
Yah udah, akhirnya aku terima deh itu job,
langsung tanda tangan kontrak (halaah).

-pembeli datang-
"beli wo kok ja wum blek" kata pembeli berwajah horor ntu.
Waaaach! Wo...kok apaan tuh?
Sepertinya apa yang gw takutkan akhirnya terjadi juga.
Ntu pembeli pake bahasa jawa. Gw mana ngerti.
"mau beli apa mas?" gw tanya ulang berharap telinga gw yang salah dengar.
"wokok Ja wum Blek" jawabnya dengan nada esmosi
waaduh gw tambah panik.
Gw serasa ingin kabur aja atau pura-pura autis aja sekalian,
biar ntu pembeli kabur ketakutan. Wakakaka
tapi gw merasa beruntung waktu gw ngeliat kamus bahasa jawa.
Gw langsung buka ntu kamus. Cari abjad W. Wokok
wokok-wookok-wookook

27 kali banting kamus, tapi gak ketemu juga kata wokok. Gw mulai pasrah.
gw lalu mutusin nelpon bude.
Tapi ternyata eh ternyata,
belum sempat gw telpon.
Bude sudah datang.
Huhh.. Sepertinya kali ini gw selamat.
Tapi tunggu dulu...
Ternyata bude juga gak ngerti sama omongan ntu penjual.
Waach... Kok bisa...?
Akhirnya bude nyodorin kertas ke ntu orang, buat nulis apa yang mau dia beli..
Ternyata yang dia maksud adalah...
"ROKOK DJARUM BLACK"
gubrak
ternyata ntu orang bukan pake bahasa jawa.
Tapi ntu orang terkena sidrom cadel Rrr... Stadium 4. Hehe
bener-bener deh
bahasa jawa ntu bikin gw mati kutu dan kaku bisu.
Bayangin,
aku disuruh pinjam pisau ditetangga aja, kudu' pake surat segala'.
Malu-maluin bangetkan?
aku jadi keingat waktu gw masih kecil.
aku sering disuruh beli minyak kelapa sama nyokap pake surat.
Tapi karena aku sotoy dan malu (karena aku udah gede), akhirnya ntu surat aku buang di tengah jalan.
Pas aku pulang di rumah. aku dimarahin abiis-abisan sama nyokap.
Gimana nggak? Soalnya yang aku beli minyak tanah. Hehehe....

0 komentar: