Apakah benar backlink bisa meningkatkan Pagerank ?


Jawaban saya adalah "Ya", namun jika ditanya apakah backlink merupakan hal yang utama untuk meningkatkan pagerank di web/blog kita ? Ternyata tidak sepenuhnya page rank dapat meningkat dangan hanya melalui backlink saja. Memang Google melihat faktor seberapa penting website kita di website orang lain, namun backlink saja tidak cukup untuk meningkatkan page rank.

Saya mencoba untuk menepis anggapan bahwa untuk meningkatkan pagerank, kita harus melakukan backlink sebanyak mungkin. Saya menulis blog ini juga baru beberapa bulan saja, tapi sebelumnya saya sudah memiliki 1 web/blog dalam bahasa inggris, lalu saya lakukan beberapa trik SEO dan backlink dengan blog sahabat, tapi sudah 2 bulan belum ada peningkatan, akhirnya setelah mempelajari lebih jauh mengenai cara meningkatkan performance blog dari artikel dan postingan yang saya lihat dan melakukannya, akhirnya web/blog tersebut naik dengan PR 1, begitu juga dengan blog ini, bisa langsung naik dari PR 0 langsung menjadi 2. Anda ingin tahu apa saja sih yang saya kerjakan selama itu ?

Didalam web/blog tersebut, saya melakukan beberapa hal yaitu :

  1. Menambah atau update artikel setiap 3 hari sekali.
  2. Memberikan konten download gratis.
  3. Memberikan konten video klip.
  4. Memberikan konten Newspaper.
  5. Mendaftarkan situs saya di Yahoo, Google, Dmoz.org dan search engine lainnya.
  6. Memasukkan feed reader dari website lain.
Langkah-langkah tersebut diatas saya lakukan secara rutin, dan kadang saya membuka web/blog saya sendiri untuk meningkatkan pageview. Lalu saya menunggu selama tiga bulan, dan akhirnya saya bisa mendapat pagerank 2 untuk blog ini, menarik bukan ?

Kenapa saya harus menunggu selama tiga bulan setelah saya melakukan semua itu ? Jawabannya adalah karena website yang umurnya kurang dari tiga bulan belum diperhitungkan untuk bisa mendapatkan pagerank, dan ada kalanya sebuah blog bisa masuk dalam Sandbox kalau kita membiarkan blog tersebut tanpa di perbaharui atau anda melakukan kesalahan didalamnya. Dan selama di Sandbox, anda jangan harap mesin pencari atau search engine akan menemukan website kita, meski ketemu-pun paling-paling hanya untuk bagian halaman depannya saja.

PageRank 2 bisa saya capai berkat langkah-langkah diatas, jadi bisa dibilang saya telah membuktikan bahwa backlink bukanlah satu-satunya cara untuk meningkatkan PageRank.

Ada beberapa langkah lagi sebagai tips dari saya jika anda ingin memperoleh pagerank tinggi yaitu :

  1. Belilah domain dan segera onlinekan hostingnya, meskipun anda belum mempunyai artikel untuk di muat.
  2. Updatelah artikel secara rutin dengan artikel yang sedang trend sesuai dengan tema website anda.
  3. Masukanlah konten seperti : Newspaper, Video, Feedreader, dan lain-lain.
  4. Submit kan ke Google, Yahoo, Dmoz.org, dan search engine lainnya.
  5. Lalu tunggu dan bersabarlah, karena Google baru memperhitungkan website kita setelah umurnya lebih dari tiga bulan.
  6. Apabila anda seorang Internet marketer, selagi menunggu pagerank, teruslah membuat website dengan cara yang sama seperti yang saya sebutkan diatas.
  7. Dan yang terakhir, teruslah berkarya dan jangan putus asa bila anda menemukan kesulitan.
Bagaimana menurut anda ?

Apakah blog anda juga ingin memiliki page rank tinggi ?

Selamat mencoba dan semoga informasi yang saya sampaikan ini bisa berguna buat anda semua, dan bila ada usulan yang lebih baik atau komentar mengenai artikel ini, anda bisa isikan di kolom komentar.

Satu hal lagi yang ingin saya bagikan sesuai dengan semboyan "Stop Dreaming Start Action", kita bisa mewujudkan apa yang kita inginkan dengan action atau usaha yang maksimal.

Terimakasih

0 komentar: