Facebook Kalahkan Yahoo di Bidang Iklan

Facebook telah berhasil melampaui Yahoo dalam urusan iklan. Situs jejaring sosial itu telah menghadirkan 176,3 miliar display iklan ke pengguna di AS, sepanjang kuartal pertama 2010.

Demikian laporan dari perusahaan riset ComScore, yang dilansir oleh Yahoo News. Menurut riset tersebut pangsa pasar Facebook di ranah iklan internet meningkat dua kali lipat dibanding tahun lalu. Jika 2009 Facebook meraih pangsa pasar sebesar 7,5 persen maka di 2010 ini jejaring sosial itu mendapatkan marketshare 16,2 persen.

Di posisi kedua diisi Yahoo, yang selama beberapa tahun telah menguasai pasar ini, dengan 131,5 miliar tampilan iklan sepanjang kuartal ini, atau sama dengan sekira 12,1 persen pangsa pasar. Posisi berikutnya diisi oleh Microsoft dengan 60,2 miliar iklan, atau setara dengan 5,5 persen.

Pasar tampilan iklan yang dimaksud adalah termasuk iklan banner, sponsorship dan lainnya. Berbeda dari format iklan pencarian yang saat ini didominasi oleh Google.

Menurut comScore, pengguna internet di AS mendapatkan sekira 1,1 triliun tampilan iklan di sepanjang kuartal pertama, atau naik 15 persen lebih dari tahun lalu, sedangkan jumlah belanja iklan AS mencapai USD2,7 triliun.

Akan tetapi, meski Facebook menjalankan tampilan iklan lebih banyak dari perusahaan lain, Yahoo! diperkirakan menghasilkan uang lebih signifikan lebih karena harga iklan di jejaring sosial cenderung lebih rendah.

Facebook telah menyalip MySpace dalam beberapa tahun terakhir untuk menjadi jaringan sosial terbesar di dunia dengan lebih dari 400 juta pengguna.

Menurut ComScore, MySpace yang dimiliki oleh News Corp, menyelinap dari tempat kedua menjadi peringkat keempat pada kuartal tersebut, dengan hanya mendapatkan 53,8 miliar iklan atau setara dengan pangsa pasar 4,9 persen, turun dari 11,6 persen tahun lalu.

AOL di posisi berikutnya, dengan 32,1 miliar iklan atau 2,9 persen pangsa pasar, diikuti oleh Google dengan tampilan iklan 25,8 miliar atau pangsa pasar 2,4 persen.

"Setelah resesi di industri iklan mulai parah pada akhir tahun 2008 dan terus terjadi hingga tiga kuartal pertama tahun 2009, kami telah melihat kebangkitan yang kuat di pasar iklan online," kata Wakil Presiden Senior ComScore Jeff Hackett.

Menurut Interactive Advertising Bureau dan PricewaterhouseCoopers, pendapatan iklan Internet di AS mencapai USD5,9 miliar pada kuartal pertama tahun ini, naik 7,5 persen dari periode yang sama tahun lalu.

The IAB dan PwC mengatakan, angka pendapatan tertinggi yang pernah tercatat untuk kuartal pertama, meskipun lebih rendah dari USD6,3 miliar yang dihasilkan di kuartal keempat tahun lalu.

0 komentar: