Google Instant: Cara Cari Cepat Web dari Google

Perusahaan internet terbesar di dunia Google akhirnya memberikan hasil pencarian 'secepat kilat'. Google Instant memungkinkan pengguna mesin pencarian mendapatkan web link yang disarankan, secepat pengguna mengetikkan huruf di keyboard.

Sebelumnya Google memberikan beberapa petunjuk misteri melalui logo yang ada di atas home page, atau yang biasa disebut dengan Google Doodle. Kini setelah dua hari memberikan petunjuk misterius akhirnya Google pun memberikan penjelasan akan adanya layanan yang mempercepat pengalihan hasil pencarian web.

Cara kerja Google Instant memang cukup cepat. Ketika pengguna mengetikkan sebuah huruf di kotak pencarian maka Google secara otomatis memberikan daftar hasil pencarian aktual yang disarankan.

"Google instant akan memberikan anda daftar dan hasil pencarian seiring dengan pengetikan huruf di kotak pencarian di komputer anda. Secara otomatis kami memberikan prediksi mengenai apa yang sedang anda cari dan yang anda inginkan. Dan kami memberikan hasil pencarian dengan itu. Bisa saya katakan, ada sedikit elemen paranormal dalam menentukan hasil pencarian yang anda maksud," ujar Google VP of Search Product and User Experience Marissa Mayer.

Untuk tahap awal, Google Instant baru akan digunakan oleh para pengguna internet di AS, kemudian baru ke Inggris, Prancis, Jerman, Rusia dan tiga negara lainnya dalam beberapa pekan ke depan.

Google Instant Search dapat dioperasikan di browser Chrome, Firefox, Safari dan Internet Exlporer 8.

"Selain Google Instant untuk desktop, kami juga akan memberikan versi instan untuk smartphone dan perangkat mobile lainnya. Kami targetkan layanan tersebut akan diluncurkan beberapa bulan ke depan," tandas Mayer.

0 komentar: