Pengalaman Mencairkan 'Uang Google' di WU

Bagi netter yang belum pernah mencairkan uang yang didapat dari Google Adsense maupun situs lainnya yang memakai Western Union (WU), artikel ini mungkin bisa membantu.

Dari pengalaman kami pertama kali mencairkan uang Google di Adsense ternyata sangat jauh lebih mudah menggunakan WU dibanding dengan menggunakan cek. Selain tidak terkena potongan sebesar $10, WU saat itu juga bisa langsung dicairkan dan diambil uangnya.

Ingat! Sebelum ke Bank, bawalah bukti 'printout' dari Google atau catat nomor Money Transfer Control Number (MTCN), jumlah pembayaran yang akan diterima, dan alamat Google yang tertera. Jangan lupa juga membawa KTP karena diperlukan sebagai bukti identitas.

Berikut langkah-langkah kami mencairkan WU:

  1. Datanglah ke bank yang melayani WU, seperti Danamon, BII, BNI, Mandiri. Kami memilih Bank Danamon karena dekat dari rumah dan kebetulan punya rekening di Danamon.
  2. Pergilah ke bagian Customer Service (CS), bilanglah bahwa Anda ingin mencairkan WU. Setelah itu Anda akan diberikan sebuah form untuk diisi.
  3. Isilah form pencairan uang WU dengan lengkap. Yang diisi adalah nama penerima dan alamat, serta nama pengirim dan alamat (dalam hal ini adalah Google). Jangan lupa mengisi Money Transfer Control Number (MTCN) dan jumlah nominal yang akan diterima.
  4. Setelah itu jangan lupa tanda tangan di atas meterai (karena kami nasabah di Danamon, tidak terkena biaya materai).
  5. Setelah selesai semua, CS akan mengecek data di komputer apakah benar uangnya telah dikonfirmasi oleh WU. Dan kalau ternyata sudah ada, Anda bisa mengambil uangnya di teller, atau memasukkannya ke dalam rekening bank kalau Anda adalah nasabah.
Nah mudah bukan. Sayangnya rate rupiah yang dipakai terpotong sekitar 200 perak dari nilai beli bank. Contohnya nilai beli bank adalah Rp. 11.500,- dan nilai jual Rp. 12.000,-, yang Anda terima adalah rate sekitar Rp. 11.300,-.

Asumsi kami WU mendapatkannya komisi dari selisih rate tersebut, yah jadi tidak apa-apalah, dibanding menggunakan cek yang diterima lama (bisa 2 - 4 minggu) dan juga 'dikebiri' ratusan ribu ketika dicairkan (dipotong sekitar $10 dan rate sendiri juga dipotong lumayan besar), jelas proses menggunakan WU sungguh jauh lebih efisien.

Selamat mencoba ^^

0 komentar: