Obama dan The Power of Black

suatu hari saya melihat baliho yang cukup besar, tulisannya “Think Black, Think Power”.

Hmm.. itu memang iklan rokok, tapi ada pesan juga yang tersembul dari statemen singkat itu.

Jadi ingat dengan Obama yang baru saja terpilih sebagai orang kulit hitam pertama, keturunan Afro Amerika pertama yang menjadi Presiden Amerika Serikat. Setelah lebih dari 200 tahun, akhirnya Amerika Serikat dipimpin oleh seorang presiden berkulit hitam. The Power of Black.

Amerika pun sekali lagi membuktikan sebagai land of dream, tanah dimana setiap impian yang tidak mungkin sekali pun, bisa menjadi kenyataan. Slogan ‘I Have a Dream’ yang didengungkan oleh Marthin Luther King Junior di masa lalu, menjadi kenyataan di masa kini. Seorang nenek yang berusia 106 tahun, yang sebelumnya tidak pernah berpartisipasi dalam pemilu, akhirnya memilih dan menjadi pemilih tertua, karena ia yakin bahwa perubahan akan datang. Dan terbukti dengan terpilihnya Obama, walaupun apa yang akan dilakukan berikutnya, masih ditunggu oleh seluruh dunia.

Jadi ingat juga dengan iklan Djarum Black, yang menayangkan sepasang kekasih yang membuat candle light dinner, dan tepat ketika lilinnya ditiup, lampu padam, kemudian di dindingnya tertulis kata-kata romantis.

Jadi ingat dengan Black Community, yang bangga betul dengan dominasi warna hitam di kendaraannya, baik Black Motor Community maupun Black Car Community; yang punya motor atau mobil. Kegiatannya tidak melulu berhubungan dengan otomotif, bisa saja kegiatan sosial yang membantu masyarakat. Akan tetapi kesamaan ‘hitam’ mereka jadi kekuatan yang mempersatukan dan memberikan manfaat.

Black is Power. Hitam bisa jadi kekuatan, asal bisa memanfaatkannya. Asal bisa menemukan esensi dari kekuatannya dan membagi manfaatnya kepada orang lain.

0 komentar: