Facebook Siap-siap Hadapi Tuntutan Hak Paten karena Menggunakan Tombol Like

ebuah perusahaan holding bernama Rembrandt Social Media tengah melancarkan tuntutan hak paten kepada Facebook. Mereka mengatakan bahwa situs sejaring sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg tersebut telah menggunakan beberapa hak paten miliknya tanpa izin, salah satunya adalah tombol like.
Pengajuan tuntutan terhadap hak paten ini pun telah diajukan oleh Rembrandt ke pengadilan federal di Virginia. Melalui kuasa hukumnya, Tom Melsheimer, Rembrandt menganggap bahwa hak patennya tersebut menjadi dasar dari pembentukan sosial media. Selanjutnya, mereka pun berharap agar keputusan hakim bisa memberikan hal yang terbaik.
Sebenarnya, hak paten yang dipunyai oleh Rembrandt tersebut berawal dari seorang programmer bernama Joannes Jozef Everardus van Der Meer yang telah meninggal, dan kini hak tersebut telah dipunyai oleh Rembrandt. Semasa hidupnya, van Der Meer telah menggunakan teknologi miliknya itu untuk membangun sebuah jejaring sosial bernama Surfbook pada tahun 2004.
Sebelumnya, Van Der Meer sendiri telah mengajukan hak paten terhadap teknologi bikinannya itu pada tahun 1998. Dan, dalam jejaring sosial Surfbook miliknya itu, penggunanya bisa sharing informasi dengan kerabat dan teman serta mengaprove penggunaan data memakai tombol ‘like’.
Pihak Facebook sendiri belum memberikan tanggapan apapun terkait tuntutan hak paten ini.

1 komentar:

  1. Hem, baru tau nih ane. Tapi lama juga ya gan claimnya, dan baru digambar-gemborin sekarang. Nice info gan ^^

    BalasHapus